Press "Enter" to skip to content

Deretan Pemain Sepak Bola Keturunan Indonesia Termahal di Liga Eropa

Tidak sedikit pemain bola yang memiliki keturunan Indonesia merumput di kancah dunia. Bahkan beberapa diantaranya mempunyai nilai jual yang terbilang fantastis. Keturunan darah dari Indonesia, bisa diturunkan melalui, ibu, ayah atau bahkan kakek, neneknya. Inilah deretan pemain sepak bola keturunan Indonesia yang bisa dibilang sebagai pemain termahal di Eropa :

1. Joey Suk

Deretan pertama diisi oleh seorang pesepak bola keturunan Indonesia Belanda yakni Joey Suk. Joey Suk sendiri merupakan pemain yang kini bermain untuk HNK Gorica yang berposisi sebagai gelandang. Pemain kelahiran 8 Juli 1989 ini pernah ingin menjadi pemain naturalisasi bersama pemain lain seperti Diego Michiels dan Ruben Wuarbanaran pada 2011.

Namun hal itu belum bisa terlaksana lantaran PSSI mendapatkan sanksi dari FIFA saat itu. Joey pernah bermain untuk klub Go Ahead Eagles sejak tahun 2009. Kala itu, nilai transfernya menembus angka 540 Poundsterling atau sekitar Rp. 9,6 miliar rupiah di tahun 2013. Namun kini di transfermarkt dirinya bernilai lebih mahal yakni 650 ribu Euro atau sekitar Rp.10,1 miliar.

2. Jamin Van Leer

Jamin Van Leer adalah penjaga gawang handal yang juga memiliki darah Indonesia. Pemain ini juga terbilang memiliki nilai transfer yang cukup mahal. Saat ini dirinya tercatat sebagai pemain Ajax Amsterdam. Nilai jual berdasarkan data yang ditinjau dari Transfermarkt adalah sekitar 900 ribu Euro atau Rp. 14 miliar. Namun penjaga gawang yang satu ini belum pernah memperkuat Timnas Belanda di level Junior hingga senior.

3. Sandy Walsh

Sandy Walsh adalah pemain sepak bola keturunan Indonesia berikutnya. Belakangan pemain kelahiran 14 Maret 1995 ini ramai diperbincangkan. Dirinya berniat untuk menjadi pemain naturalisasi dan membela timnas Indonesia. Sandy Walsh memiliki darah Indonesia dari ibunya yakni Brigitta Portier yang merupakan keturunan Jawa. Sedangkan ayahnya Gary Walsh adalah keturunan Irlandia dan Swiss.

Salah satu alasan kenapa Sandy Walsh berniat membela Indonesia adalah karena petuah sang kakek.  Saat ini Shandi masih tercatat sebagai pemain bek kanan di klub Liga 1 Belgia Zulte Waregem. Meski masih berusia muda, nyatanya nilai transfer Sandy Walsh mencapai 800 ribu Euro atau sekitar Rp. 12,6 miliar.

4. Kevin Diks Bakarbessy

Diks lahir di Belanda pada 6 Oktober 1996, besar lahir dan tumbuh besar di Belanda ternyata Diks memiliki darah keturunan Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari nama belakangnya yakni Bakarbessy yang merupakan salah satu Marga dari Maluku. Kevin Diks merupakan saLah satu pemain yang memiliki nilai transfer tinggi.

Sejak 2018 dirinya resmi dikontrak oleh salah satu klub Italia yakni Fiorentina dan juga sempat dipinjamkan ke klub lain. Pemain muda ini  berposisi sebagai bek sayap kanan, nilai transfer Kevin mencapai 1,4 juta Euro atau setara dengan Rp. 21 miliar. Diks juga pernah memperkuat Timnas Belanda U-21.

5. Iro Riedewald

Pemain sepak bola sukses yang memiliki darah Indonesia selanjutnya yakni Jairo Riedewald. Darah Indonesia yang dimilikinya berasal dari sang ibu. Sedangkan ayahnya berasal dari Suriname. Sebelum berkarir dI Liga Inggris, pemain satu inI merupakan lulusan dari akademi Ajax Amsterdam. Saat ini Iro memiliki nilai transfer 5 jUta Euro atau setara Rp. 78 miliar.

6. Massimo Luongo

darah indonesianya didapat dari sang ibu yang yang memiliki keturunan indonesia. Di 2019 -2020 Massimo Luongo merupakan salah satu pemain yang berkewarganegaraan Australia yang memperkuat klub Liga Inggris. Kini nilai transfer Massimo Luongo mencapai angka 5 juta Euro atau sekitar Rp. 78 miliar berdasarkan situs Transfermarkt. Dirinya juga tergabung di timnas Australia pada Piala Dunia 2018 yang lalu.

Sebagai warga Negara Indonesia sepatutnya bangga dengan pemain – pemain di atas. Pasalnya, meski tak bisa membela Indonesia, paling tidak nama Negara ini tidak dilupakan. Pemain sepak bola keturunan Indonesia akan tetap mengingat darimana para pemain tersebut berasal.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *