Press "Enter" to skip to content

Kiper Timnas Italia, Diantaranya Terbaik di Dunia

Bukan rahasia lagi jika selama ini timnas Italia selalu memiliki penjaga – penjaga gawang terbaik. Bisa dilihat dari masa ke masa, timnas Italia tidak pernah kehilangan sosok kiper yang kemampuannya sampai diakui oleh dunia. Berikut adalah daftar kiper timnas Italia yang beberapa diantara juga terbaik di dunia.

1. Angelo Peruzzi

Angelo Peruzzi merupakan kiper utama timnas Italia di Piala Dunia 1998. Mungkin orang – orang akan meragukan kemampuan Peruzzi dalam menjaga gawang hanya dengan melihat bentuk tubuhnya. Namun Peruzzi  berhasil membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi salah satu kiper timnas Italia yang bahkan diakui dunia.

Peruzzi telah mengukir banyak sekali prestasi sepanjang karirnya. Diantaranya memenangkan Liga Champion, dua Coppa Italia, tiga Gelar Liga dan Piala UEFA. Melihat prestasinya maka tidak bisa dipungkiri bahwa Angelo Peruzzi merupakan kiper terbaik di dunia.

2. Dino Zoff

Dino Zoff merupakan salah satu kiper timnas Italia yang berhasil mencetak sejarah justru ketika usianya menginjak usia tiga puluhan. Tidak seperti pemain lain yang kebanyakan menorehkan prestasi  ketika  berusia masih muda. Zoff mengawali karirnya di Udinese kemudian di Mautova dan Napoli,lalu akhirnya di Juventus

Antara tahun 1972 dan 1974 Zoff berhasil mempertahankan rekor tanpa kebobolan dalam Turnamen Internasional yaitu selama 1142 menit. Dalam penampilan ia pernah menduduki peringkat ketiga setelah Paolo Maldini dan Fabio Cannavaro yaitu sebanyak 112 penampilan. Uniknya lagi Zoff merupakan pemain tertua yang menjuarai Piala Dunia FIFA. 

3. Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon merupakan kiper yang bertahan cukup lama menjadi nomor satu di timnas Italia. Dikarenakan kemampuannya yang diatas rata-rata,banyak kiper hebat yang harus kalah bersaing dengan Buffon dalam karirnya.

Pada tahun 2003 Buffon menerima penghargaan sebagai UEFA Most Valuable dan gelar Kiper Terbaik. Ketika pertama kali memulai debutnya di Timnas ,Gianluigi Buffon berhasil membukukan beberapa clean sheet tanpa kebobolan dalam waktu 453 menit  di Piala Dunia 2006. Buffon juga pernah berhasil menorehkan rekor tanpa kebobolan terlama di serie A yaitu selama 974 menit.

4. Francesco Toldo

Francesco Toldo merupakan salah satu penjaga gawang terpopuler di Eropa. Salah satu prestasi Toldo yang paling diingat adalah ketika dirinya mengawal gawang dua klub ternama di Italia sehingga menjuarai pertandingan. Ketika Buffon mengalami cedera di Piala Eropa 2000,Toldo menjadi satu-satunya orang yang menggantikan sang kiper di Timnas.

5. Salvatore Sirigu

Salvatore Sirigu merupakan pesepakbola Italia yang bermain di Liga Seri A sebagai kiper. Sirigu selalu muncul sebagai kiper di timnas Italia menggantikan Buffon ketika sang kiper sedang tidak fit . Beberapa prestasi Sirigu diantaranya pernah berhasil membantu Prancis meraih gelar Liga sebanyak tiga kali. Selain itu Sirigu juga tampil memukau di Piala Dunia 2014 dalam kemenangan Italia atas Inggris dan telah mengumpulkan 24 caps.

Sangat banyak kiper-kiper hebat yang tercatat sebagai kiper timnas Italia. Dan banyak pula dari mereka yang kemampuannya sampai diakui oleh dunia. Hal inilah mungkin yang mendasari kenapa Italia disebut sebagai negara penghasil kiper-kiper terbaik. Hanya saja kualitas-kualitas penjaga gawang Italia tampaknya semakin menurun setiap tahunnya. Jika penurunan kualitas ini terjadi terus menerus,bukan hal yang tidak mungkin jika suatu saat Italia tidak lagi disebut sebagai penghasil kiper-kiper terbaik.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *